Kamis, 04 Desember 2014

Ilmu Tajwid



Secara bahasa, kata tajwid adalah mas}dar dari kata jawwada - yujawwidu yang berarti "membuat bagus." Adapun menurut istilah, tajwid adalah suatu cabang ilmu yang mengatur tata cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Ilmu tajwid sangat perlu diajarkan kepada orang yang ingin membaca atau mempelajari Al-Qur'an. Sebab, kesalahan satu huruf atau panjang-pendek dalam membaca Al-Qur'an dapat berakibat fatal, yakni perubahan arti.

Dalam ilmu tajwid diajarkan bagaimana cara mengucapkan huruf yang berdiri sendiri, yang dirangkai dengan huruf lain, melatih lidah mengucapkan huruf sesuai dengan makhraj-nya, mengetahui panjang-pendek suatu abacaan dan sebagainya.

Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah. Artinya, jika di suatu tempat sudah ada orang yang mengerti ilmu tajwid, maka gugurlah kewajiban orang di tempat itu untuk mempelajari ilmu tajwid. Namun, dalam prakteknya, mengamalkan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain.

Bagi teman-teman yang ingin memperdalam ilmu tajwid, Rin sediakan link download gratis software belajar Tajwid. Douzo... ^_^


Sumber : Ilmu Al_Qur'an untuk Pemula oleh Fahmi Amrullah (Hal.71-72)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar