Selasa, 02 Desember 2014

Apakah Al-Qur'an itu?



Secara etimologis, Al-Qur'an berarti bacaan atau yang dibaca. Kata "Al-Qur'an" merupakan bentuk mas}dar dari kata kerja qara'a. Adapun menurut istilah para ulama, Al-Qur'an adalah kala>mulla>h yang diturunkan Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW., disampaikan secara mutawatir, bernilai ibadah bagi umat muslim yang membacanya, dan ditulis dalam mushaf.

Al-Qur'an diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril. Wahyu pertama yang diterima oleh beliau adalah Surah al-'Alaq [96] : 1 - 5


 Artinya :
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia, Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Al-Qur'an adalah sumber hukum sekaligus bacaan yang diturunkan secara mutawatir . Artinyam ke-mutawatir-an Al-Qur'an terjaga dari generasi ke generasi. Di masa Rasulullah SAW., para sahabat menerima Al-Qur'an secara langsung dari beliau. Selanjutnya, mereka sangat antusias menghafal, memahami, dan menyampaikan Al-Qur'an kepada sahabat yang lain atau kepada generasi selanjutnya, persis seperti yang mereka terima dari Rasulullah SAW tanpa berkurang satu huruf pun.

Ke-mutawatir-an Al-Qur'an juga menjadikannya sebagai dalil yang qat}’i (pasti). Menurut jumhur ulama, segala berita yang disampaikan secara mutawatir tidak mungkin diragukan lagi keabsahannya.

Al-Qur'an terbagi dalam 30 juz, 114 surah, dan kurang lebih 6666 ayat. Berdasarkan panjang pendeknya surh dalam Al-Qur'an, para ulama membuat kategori sebagai berikut:

1. At}-T}iwa>l
          At}-T}iwa>l yaitu surah dalam Al-Qur'an yang ayatnya cukup banyak. Ada tujuh surah yang masuk dalam kategori ini, antara lain al-Ba>qarahA>li ‘Imra>n, an-Nisa>’al-Ma>’idahal-An’a>m, dan al-A’ra>f.

2. Al-Mi'un
         Al-Mi'un yaitu surah dalam Al-Qur'an yang ayatnya berjumlah sekitar seratus atau lebih sedikit. Surah-surah yang masuk dalam kategori ini, antara lain Hu>dYu>suf, dan Mu'min.

3. Al-Mas|a>ni
        Al-Mas|a>ni yaitu surah dalam Al-Qur'an yang jumlah ayatnya kurang dari seratus. Surah-surah yang masuk dalam kategori ini antara lain Al-Anfa>l, dan Al-H}ijr.

4. Al-Mufas}s}al
       Al-Mufas}s}al yaitu surah dalam Al-Qur'an yang jumlah ayatnya cukup pendek. Surah-surah yang masuk dalam kategori ini antara lain ad-D}uh}a>, al-Fa>tih}ah, al-Ikhla>s}, an-Na>s, al-Falaq.

Sumber : Ilmu Al-Qur'an untuk pemula oleh Fahmi Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar